Home » » Sunan Lawu

Sunan Lawu

RIWAYAT SINGKAT SUNAN LAWU

Sunan Lawu
Beliau sejak remaja sudah beragama Islam, dan beliau bernama Pangeran HASANUDDIN. Beliau dinobatkan menjadi Raja Mojopahit yang terakhir dengan memakai gelar “BRAWIJAYA V“, dan memerintah pada tahun 1468 - 1478 Masehi.

Hanya selama sepuluh tahun beliau berkuasa, karena Ibukota Mojopahit di serbu oleh salah seorang puteranya sendiri dari selir, yaitu yang bernama Raden FATAH yang berkedudukan di Demak.

Sunan Lawu
Ketika terjadi penyerangan / penyerbuan itu, semua pasukan khusus Mojopahit dibawa oleh putera Mahkota yang bernama Raden KATHONG, yang kemudian diserahi tugas untuk membasmi pemberontakan KUTI di Ponorogo. Dengan dilindungi oleh Bupati / Adipati MENTAUN (kemudian nama tersebut menjadi MADIUN) yang bernama RONGGO MENTAUN I, maka BRAWIJAYA V disembunyikan di gunung. Lalu beliau menyamar dengan nama LAWU, atau lebih dikenal dengan sebutan SUNAN LAWU. Maka gunung sebagai tempat persembunyiannya pun diberi nama gunung Lawu. (Lawu berasal dari kata LAM WAU).

Sunan Lawu
Pada akhirnya beliau inilah yang kemudian memberikan pelajaran Ma’rifat Islam kepada para WALI (kecuali Sunan Bonang). Diantara para muridnya yang terkenal antara lain : Sunan KALIJAGA, Sunan DRAJAD, dan Syekh SITI JENAR.


REFERENSI RIWAYAT SINGKAT SUNAN LAWU

Keterangan :
  • Diambil dari garis permaisuri
  • Dari garwa pertama (dari Trowulan) Batara Kathong
  • Dari putera pria pertama


Sumber:
Pelajaran Ilmu Ma'rifat Islam karya Sri Soedjanmo Widodo



Diizinkan dicopy & disebarkan untuk dakwah mohon mencantumkan sumber www.mistikuscinta.com serta menyertakan sumber dan link yang terdapat dalam setiap posting. Posting dapat disebarkan melalui share this article. Terima kasih
Share this article :
5 Mistikus Cinta Comments
Facebook Comments

5 comments:

  1. Mas, maaf saya berikan koreksi tulisan di atas. Tidak benar bahwa Eyang Lawu itu sejak kecil dia beragama Islam. Eyang Lawu itu sebenarnya adalah Pendiri Kerajaan Majapahit, yang lebih dikenal dengan sebutan Raden Wijaya (Bra Wijaya). Raden Wijaya sebenarnya putra mahkota kerajaan Sunda-Galuh (Bapaknya Sunda-Galuh, Ibunya dari Singosari).

    Demikian juga mengaitkan Eyang Lawu dengan Brawijaya V(Bapaknya R.Patah) atau istilah yag lain adalah Brawijaya Pamungkas ini pun salah kaprah.Cerita ini adalah cerita akal-akalan untuk kelompok2 yang berkepentingan.

    terima kasih
    Putune Eyang Lawu

    ReplyDelete
  2. Mas, maaf saya berikan koreksi tulisan di atas. Tidak benar bahwa Eyang Lawu itu sejak kecil dia beragama Islam. Eyang Lawu itu sebenarnya adalah Pendiri Kerajaan Majapahit, yang lebih dikenal dengan sebutan Raden Wijaya (Bra Wijaya). Raden Wijaya sebenarnya putra mahkota kerajaan Sunda-Galuh (Bapaknya Sunda-Galuh, Ibunya dari Singosari).

    Demikian juga mengaitkan Eyang Lawu dengan Brawijaya V(Bapaknya R.Patah) atau istilah yag lain adalah Brawijaya Pamungkas ini pun salah kaprah.Cerita ini adalah cerita akal-akalan untuk kelompok2 yang berkepentingan.

    terima kasih
    Putune Eyang Lawu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas koreksinya, sepenggal kisah perjalanan Sunan Lawu tersebut saya kutib dari Sri Soedjanmo Widodo yang menurut silsilah tersebut di atas. Bila anda yg tidak menyebut nama memiliki kisah yang berbeda, sudi kiranya berkenalan dgn saya dan mengirimkan kisah tersebut melalui e-mail saya : setyasastrodimedjo@yahoo.com

    Kakek saya yg tinggal di desa Ngrambe lereng Gunung Lawu dan beberapa penduduk setempat memiliki kisah yg sama dgn yg saya posting tersebut di atas.

    Sekali lagi jika anda berkenan utk mengirimkan kisah yg anda ketahui.


    Wasallam,


    Setya Sastrodimedjo
    Admin Mistikus Cinta

    ReplyDelete
  4. y klo ngomongin sejarah jgn lupa da referensi yg jelas donk....gitu aja koq repot.....
    anak batara kathong

    ReplyDelete
  5. Buat Admin, kritik ato koreksi yg tdk menyebut nama itu pastinya hanya orang iseng yg tdk berdasar kalo kasih koreksi, cuekin aja

    ReplyDelete

Ketentuan :
• Login Facebook atau Google account untuk memberikan komentar
• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM
Donasi Guestbooks


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Tarekat Naqsybandiyya Nazimiyya

Donasi

Pasang Iklan Banner Di Sini
 
Diizinkan Dicopy & Disebarkan Untuk Dakwah Cantumkan www.mistikuscinta.com
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
The Official Blog Of Mistikus Cinta: Mozaik Sufi | SufiTube | Proudly powered by Mistikus Cinta G+
Copyright © 2005. Mistikus Cinta - All Rights Reserved