Home » » Dewi Sekardadu

Dewi Sekardadu

Di bagian paling timur Kecamatan Buduran (Sidoarjo) terdapat sebuah Dusun kecil nan terpencil bernama Dusun Kepetingan yang dikelilingi tambak, termasuk dalam wilayah Desa Sawohan. Untuk mencapai Dusun Kepetingan ini bisa ditempuh naik perahu bermotor + 45 menit atau dengan sepeda motor 30 menit jika musim kemarau.

Konon pada suatu ketika Kerajaan Blambangan terkena musibah wabah penyakit yang sulit disembuhkan. 

Pada masa itu rajanya bernama Minak Sembuyung. 

Melihat kondisi rakyatnya yang terkena wabah penyakit, Raja kemudian memerintah Sang Patih untuk mencari obat bagi kesembuhan seluruh rakyatnya. 

Sang Patih pun pergi melaksanakan titah sang Raja. Ketika perjalanan Patih tiba di daerah Tengger, seseorang memberitahukan kepada Patih untuk pergi menemui seorang Ulama di pantai utara Jawa (Gresik) bernama Syeikh Maulana Ishak. Pergilah Patih ke Gresik untuk menemui Syekh Maulana Ishak. Singkat cerita, Patih menceritakan maksud kedatangannya untuk mencari orang yang bisa menyembuhkan wabah penyakit di kerajaan Blambangan. Setelah mendengar cerita sang Patih, Syekh Maulana Ishak kemudian menyuruh Patih pulang terlebih dahulu. 

Pulanglah Patih bersama pasukan berkudanya. Perjalanan yang ditempuh Patih dan pasukannya untuk tiba di Kerajaan Blambangan kurang lebih 15 hari. 

Sesampai di Blambangan, Patih mendapati sedang ada pesta rakyat yang sudah berjalan 7 hari 7 malam, untuk merayakan hilangnya wabah penyakit di Blambangan. 

Ternyata dengan kesaktiannya Syekh Maulana Ishak sudah lebih dulu sampai di Blambangan dibanding Sang Patih dan pasukan berkudanya. 

Atas keberhasilan syekh Maulana Ishak menghilangkan wabah penyakit di Kerajaannya, dan karena Syekh Maulana Ishak masih bujang maka Raja Minak Sembuyung memberikan putrinya bernama Dewi Sekardadu untuk dinikahi oleh Syekh Maulana Ishak. 

Setelah menikah, Syekh Maulana Ishak mengembangkan Islam di Blambangan. Namun raja khawatir perkembangan Islam akan merusak umat Hindu Blambangan sehingga kemudian mengusir Syekh Maulana Ishak dari Blambangan. Tapi Dewi sekardadu dan anaknya tetap di Kerajaan Blambangan.

Tetapi karena suaminya diusir, Dewi Sekardadu dengan sembunyi-sembunyi mengikuti bersama anaknya. 

Khawatir ketahuan dan anaknya dibunuh maka Dewi Sekardadu melarung anaknya di laut Banyuwangi.

Dewi Sekardadu lari melaui laut, tetapi dalam pelariannya beliau meninggal dunia. 

Jasad Dewi Sekardadu terbawa arus sampai di suatu perkampungan di wilayah timur laut Jawa, sampai kemudian ditemukan oleh seorang nelayan di pesisir pantai timur laut Jawa.

Tetapi ada suatu keanehan yang terlihat oleh si nelayan, karena pada saat itu laut sedang surut seharusnya mayat berada di bibir pantai. Namun mayat tersebut justru mengapung menuju sungai dan didorong oleh sekelompok ikan keting.

Cepat-cepat si nelayan kemudian mengangkat mayat tersebut dan kemudian memakamkannya di daerah tersebut. Maka daerah itu selanjutnya disebut Dusun Ketingan (selanjutnya di sebut Kepetingan). 

Anak Dewi Sekardadu yang dilarung ditemukan dan dibesarkan oleh seorang Saudagar Kaya dari Gresik bernama Dewi Pinatih. Sang anak diberi nama Ainul Yaqin bergelar Joko Samudro. Karena kotak tempat ditemukan Joko Samudro semasa bayi dipaku maka dia juga dipanggil Raden Paku. Pada akhirnya beliau menjadi Sunan Giri.
Menurut Kuncen makam, Bapak Samadi, pengunjung Makam Dewi Sekardadu setiap hari Jum'at, Sabtu dan Minggu mencapai 100 orang. Pengunjung terbanyak berasal dari Madura.

Alamat Makam Putri Dewi Sekardadu:  Sawohan, Buduran, Sidoarjo Jawa Timur - Indonesia , 61252 


Sumber: http://www.kecamatanbuduran.org
Diizinkan dicopy & disebarkan untuk dakwah mohon mencantumkan sumber www.mistikuscinta.com serta menyertakan sumber dan link yang terdapat dalam setiap posting. Posting dapat disebarkan melalui share this article. Terima kasih
Share this article :
0 Mistikus Cinta Comments
Facebook Comments

0 Komentar:

Post a Comment

Ketentuan :
• Login Facebook atau Google account untuk memberikan komentar
• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM
Donasi Top Comments


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Tarekat Naqsybandiyya Nazimiyya

Donasi

Pasang Iklan Banner Di Sini
 
Diizinkan Dicopy & Disebarkan Untuk Dakwah Cantumkan www.mistikuscinta.com
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
The Official Blog Of Mistikus Cinta: Mozaik Sufi | SufiTube | Proudly powered by Mistikus Cinta G+
Copyright © 2005. Mistikus Cinta - All Rights Reserved